32 total views,  1 views today

DANA BOS LIBATKAN KOMITE SEKOLAH

 

PROTES DANA BOS DARI KETUA KOMITE SEKOLAH, KOMITE SEKOLAH DIABAIKAN KEPALA SEKOLAH, DANA BOS POTENSI DISALAHGUNAKAN, TAHUN 2021 KOMITE SEKOLAH DILIBATKAN PERENCANAAN ANGGARAN, PENGELOLAAN DANA BOS TIDAK TRANSPARAN JANGAN DIULANG LAGI.

SUDAH SEJAK LAMA TRANSPARANSI DANA BOS ATAU BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH DIPERTANYAKAN. MULAI DARI PERENCANAAN, PENGESAHAN, PENGGUNAAAN DAN PENGAWASAN DI MASING-MASING SEKOLAH. TERNYATA SELAMA INI MENGABAIKAN KETERLIBATAN KOMITE SEKOLAH.

Protes itu datang dari Budi Suyanto. Dia adalah ketua Komite Sekolah mewakil orangtua murid SMK Negeri dan SMA Negeri di Kota Samarinda.

 

Budi Suyanto, Ketua Komite Sekolah SMKN dan SMAN Kota Samarinda

Bertahun-tahun,  Komite Sekolah diabaikan keberadaannya oleh para kepala sekolah. Padahal, keberadaan komite sekolah diatur dalam Permendikbud 75 Tahun 2016. Di mana tugas dan fungsi diantaranya memberikan pertimbangan dalam kebijakan pendidikan, mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah hingga menggalang dana dari orangtua murid jika diperlukan kalau tidak tersedia dalam anggaran BOS.

Karena tidak dilibatkan, Komite Sekolah jadi sekedar ‘pajangan’ untuk melengkapi persyaratan aturan dalam pengelolaan pendidikan. Menurut Budi Suyanto, jika terus menerus dibiarkan dana BOS tidak transparan, justru berpotensi disalahgunakan dan merugikan dunia pendidikan.

Keluhan pihak Komite Sekolah ternyata mendapat respon dari Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Anwar Sanusi. Dia mengakui ada masalah itu dan sudah dibenahi, mulai tahun depan semua sekolah wajib melibatkan Komite Sekolah sejak menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah atau RAPBS hingga pengawasan.

Anwar Sanusi, Kadis Pendidikan Kaltim

Didesak bagaimana dengan masalah yang telah terlanjur terjadi/ di mana dana BOS dikelola tidak transparan dan rawan masalah hukum/ Kadis Pendidikan Kaltim meminta agar masalah yang telah terjadi diakhiri dan tidak diulang lagi

 

Tim Kaltim TV, melaporkan

Tinggalkan Balasan